10 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Performa Laptop

Ingat hari ketika Anda pertama kali mendapatkan laptop baru Anda? Yang lebih baru biasanya lebih cepat. Seiring waktu, kecepatan dan kinerja laptop Anda mungkin berkurang, misalnya membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai dan membuka dan menutup program mungkin lebih lama. Mencoba bekerja dengan laptop yang lambat bisa membuat frustrasi.

Laptop melambat karena berbagai alasan termasuk kurangnya memori, program yang diunduh dan adanya virus atau malware komputer.

Di Dunia, lebih dari 80% orang menggunakan laptop untuk berbagai keperluan. Di antara mereka, sekitar 50% orang menghadapi beberapa masalah di laptop saat mengerjakan sesuatu yang penting dan sering marah karena kinerja laptop yang lambat.

Untungnya, ada cara untuk memperbaiki masalah ini dan mempercepat kinerja laptop Anda.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mendiagnosis dan memperbaiki laptop yang lambat.

1. Meningkatkan Ruang Kosong di Disk Lokal C

Ruang kosong adalah kunci untuk meningkatkan kecepatan PC Anda.

Sebagian besar komputer menjadi lambat karena tidak ada ruang kosong yang tersedia di Hard Disk. Mengapa kita membutuhkan ruang kosong di hard drive? Pada dasarnya, hard drive membutuhkan ruang kosong untuk memori virtual.

Dengan melakukan lebih banyak tugas, RAM akan meluap dan tugas yang akan datang secara otomatis digunakan oleh ruang kosong di hard drive (yaitu, pertukaran memori) dan karenanya tidak ada ruang kosong di hard disk.

Berikut cara menambah ruang kosong di Disk Lokal C

  • Di kotak pencarian ketik ‘manajemen komputer’, kotak dialog akan muncul, pilih manajemen disk di bawah bagian penyimpanan
  • Jika Anda mengklik manajemen disk, kotak dialog akan muncul, pilih dan tahan volume yang ingin Anda perpanjang, lalu pilih Perpanjang Volume

Faktor penting yang perlu diperhatikan adalah opsi “Perpanjang Volume” hanya tersedia jika ada ruang yang tidak terisi di belakang partisi yang ingin Anda perpanjang

2. Hapus file Temp

Menghapus file Temp atau file sementara dua kali seminggu membuat laptop Anda lebih cepat. Di PC, file sementara dibuat dan disimpan saat menggunakan perangkat lunak pengedit grafik, video atau media, dll. Umumnya, file ini menghabiskan lebih banyak ruang di sistem Anda.

Metode untuk menghapus file Temp

Tekan tombol WIN + R -> Ketik “%temp%” -> Klik OK -> Tekan Ctrl + A -> Tekan Shift + Hapus -> Klik “Ya”

Ikuti langkah yang sama dengan mengetikkan kata-kata alternatif seperti (temp, prefetch) di jendela Run (tombol WIN + R). Lihat Gambar yang ditunjukkan di bawah ini

3. Copot pemasangan perangkat lunak yang tidak perlu

Saat Anda menggunakan PC baru, Anda akan menemukan banyak aplikasi pra-instal secara default, yang tidak pernah kami gunakan setiap saat. Aplikasi pra-instal ini menghabiskan lebih banyak ruang dan juga memperlambat kinerja sistem. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan yang tidak pernah Anda gunakan.

Bagaimana cara menghapus perangkat lunak yang tidak perlu?

Tekan tombol WIN + R -> Ketik “kontrol” di tab -> Klik OK -> Di halaman panel Kontrol klik “program” -> Klik “program dan Fitur” -> Di sana Anda dapat melihat perangkat lunak yang tersedia di PC Anda -> Pilih perangkat lunak -> Klik kanan -> Tekan Copot pemasangan

4. Jalankan Defragmentasi

Pada dasarnya, saat menyimpan file, komputer menyimpan data secara acak di ruang kosong hard disk. Karena itu, prosesor merasa sulit untuk mengambil file. Untuk mengatasi masalah ini, kami melakukan proses defragmentasi. Proses ini mengambil semua bagian data yang tersebar di hard drive Anda dan menyatukannya kembali untuk ekstraksi data yang mudah oleh prosesor.

5. Periksa PC untuk Malware

Pindai PC Anda setiap kali Anda menginstal perangkat lunak baru atau menyuntikkan pen drive, hard drive, dll. untuk menghindari virus, spyware, adware, dan program jahat lainnya yang menghabiskan banyak sumber daya sistem (seperti memori, hard drive, dan prosesor)

Bagaimana cara memeriksa Malware di windows 10?

Untuk Windows 10 – Tekan tombol WIN -> ketik “windows security” -> klik “virus or threat protection” -> pilih quick scan atau full scan.

6. Reboot atau Restart PC Anda secara teratur

Nyalakan kembali PC Anda sekali sehari dan kunci komputer setiap kali Anda keluar dari meja. Praktik ini dapat meningkatkan kinerja komputer Anda dengan membersihkan RAM, menghentikan kebocoran memori, dan memperbaiki bug. Jika sistem Anda melambat, pertama-tama lakukan restart sistem Anda sebelum melanjutkan ke langkah lebih lanjut.

7. Setel ulang PC Anda

Anda dapat mengubah kinerja laptop Anda dan mempertahankan kecepatan PC Anda dengan mengatur ulang PC Anda. File temp yang tidak diinginkan & file tak terlihat dihapus dengan mengatur ulang laptop.

Bagaimana Cara Reset Laptopnya?

Tekan tombol WIN + R -> ketik “panel kontrol” dan klik “OK” -> Pilih opsi “kategori” di kanan atas dan pilih ikon kecil -> Pilih opsi “pemulihan” -> klik “Jika Anda mengalami masalah dengan PC Anda, buka pengaturan dan coba atur ulang” -> Pilih Atur ulang opsi “Mulai” di bawah judul Atur Ulang PC ini -> pilih kategori di antara 2 opsi yang Anda inginkan dan selesaikan pengaturan ulang.

8. Nonaktifkan program Start-up

Banyak aplikasi di komputer dapat mengonfigurasi diri untuk mulai bekerja secara otomatis selama mode sistem ON dan terus berjalan di latar belakang. Namun, jika Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut setiap hari, atau Anda tidak memiliki perangkat yang kuat, aplikasi tersebut dapat membuang sumber daya sistem yang berharga, yang dapat memperlambat pengalaman secara signifikan.

Bagaimana cara Menonaktifkan aplikasi Start-up?

Tekan tombol WIN + R -> ketik “ipconfig” -> Klik “OK” Dalam popup konfigurasi sistem pilih opsi start-up -> pilih aplikasi yang tidak diinginkan yang berjalan di latar belakang Klik “OK”

9. Matikan efek visual

Anda harus menonaktifkan efek visual untuk mempercepat kinerja sistem Anda. Tekan tombol WIN + R -> ketik “sysdm.cpl” -> klik “OK” -> Di popup properti sistem, pilih opsi “Lanjutan” -> klik ikon “pengaturan” -> klik opsi “efek visual” -> pilih “Sesuaikan untuk kinerja terbaik” -> klik “Terapkan & OK”

10. Bersihkan Perangkat Keras sendiri

Sebulan sekali, servis laptop Anda oleh orang yang ahli atau Anda dapat melakukannya sendiri dengan menonton video online. Untuk memperbaiki laptop Anda, Anda dapat mencari nama perusahaan dan nomor model laptop Anda di Google.

Panduan kecil untuk melakukan pemecahan masalah Perangkat Keras sendiri:

  • Matikan (atau) Cabut catu daya sebelum melakukan pemecahan masalah perangkat keras
  • Lepaskan rakitan casing bawah laptop Anda dengan membuka tutup dan jika Anda adalah pengguna desktop, lepaskan penutup luar kabinet CPU Anda
  • Anda dapat membersihkan bagian-bagian dengan menggunakan blower
  • Bersihkan papan sirkuit dengan menggunakan alkohol Isopropil dan kain putih atau sikat
  • Lepaskan RAM dengan lembut dan bersihkan bagian tepi RAM

Sebagai hasil dari penggunaan biasa, komputer Anda dapat melambat. Untuk menghindari frustrasi, selalu baik untuk melakukan servis rutin dan memastikan semuanya berjalan dengan baik. Daftar tips di atas dapat membantu Anda meningkatkan kinerja komputer dengan mudah. Semoga Informasi Teknologi ini akan membantu Anda untuk mempercepat PC Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.